Minggu, 09 Oktober 2011

BERBICARA DI DEPAN UMUM, WHY NOT..!!

pada dasarnya orang takut berbicara karena orang tersebut takut pada apa yang akan ia katakan (takut salah) & tentunya takut jika di komentarin :)

Menurut saya, sebenarnya tidak ada orang yang takut berbicara di depan ribuan orang. Tidak percaya ?… mari kita ambil contoh & contohnya adalah diri anda sendiri!

Beranikah anda jika saya menyuruh anda (jika boleh saya menyuruh :)) berbicara di depan 10.000 anak umur 5 tahun ?

Beranikah anda jika saya menyuruh anda (jika boleh saya menyuruh :)) berbicara tentang ilmu dasar komputer di depan 10.000 orang yang memang tidak tau sama sekali bermain komputer & mereka sangat menunggu anda untuk menjelaskannya (anggap saja orang primitif)?

saya yakin anda berani!!, karena siapa sih yang takut berbicara di depan 10.000 anak2 ?? siapa sih yang takut berbicara di depan 10.000 orang primitif yang memang tidak tau sama sekali tentang apa yang akan anda sampaikan apalagi jika memang mereka sangat membutuhkan informasi dari anda (mensupport anda)

dan bagaimana jika saya menuruh anda (jika boleh menyuruh) untuk berbicara di depan seorang presiden beserta menteri2nya atau 5 orang sarjana hukum untuk membicarakan mengenai hukum sementara anda hanya sedikit mengerti tentang hukum… Beranikah anda ??

saya yakin anda akan gugup, tidak berani jika salah ngomong dan sebagainya…

nah dari contoh di atas kita bisa beri kesimpulan bahwa sebenarnya tidak ada orang yang takut berbicara di depan umum tetapi tepatnya orang yang takut berbicara di depan umum adalah orang yang tidak tau mengenai apa yang akan mereka katakan nantinya, takut di komentarin dan sebagainya

apa obatnya ??

Belajar & bacalah buku tentang ilmu yang akan anda sampaikan ke orang banyak
Berlatihlah agar anda dapat berbicara lancar nantinya
Yakinlah jika anda banyak tau maka anda bisa menjawab segala pertanyaan yang muncul

saya yakin anda tidak akan mungkin takut berbicara jika anda banyak tau sekalipun jika anda berbicara di depan 10.000 orang!

apa buktinya jika orang yang takut berbicara itu adalah orang yang tidak tau mengenai hal apa yang akan dia sampaikan & takut atas pertanyaan yang akan muncul ??

saya beri contoh,

beranikah anda mengirimkan email saja tentang panduan ilmu investasi ke warren buffet (ahli investasi) sedangkan anda hanya sedikit paham tentang investasi??

saya yakin anda akan berfikir, ah pasti beliau sudah tau cara ini, ah nanti salah dan beliau menertawakan saya atau berbalik tanya (jika seperti itu), ah malu!!

YA, benar!!! sebenarnya orang takut berbicara adalah karena takut salah ngomong, takut di komentarin, takut di tertawakan, malu (karena tidak tau), dan lain2

kuncinya : perdalamlah pengetahuan anda!

saya tidak pernah menemukan orang yang pandai/jenius tapi takut berbicara :-) PERCAYALAH….

ANDA PASTI BISA!

http://http://www.febryfadly.com/trik-sederhana-paling-mudah-cara-berani-berbicara-di-depan-umum/

1 komentar:

Radi mengatakan...

ok siap...

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews