Jumat, 22 April 2011

KIAT MENGGALI ISI MODUL ( TEKNIK BELAJAR )

FROM: http://sarjana3tahunlul.us/index.php?option=com_content&task=view&id=48&Itemid=25


Print E-mail


Guna mencapai hasil belajar yang optimal, anda perlu mengetahui bagaimana memperlakukan buku materi pokok (modul) dari setiap mata kuliah yang anda ambil ujiannya di tiap akhir semester.
Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yaitu :
  • Membaca Tinjauan Mata Kuliah
Sebelum modul dibaca secara keseluruhan, disarankan anda membaca dahulu Tinjauan Mata Kuliah agar mempunyai gambaran secara utuh tentang mata kuliah yang hendak digali tersebut.
  • Membaca Pendahuluan
Selanjutnya anda harus membaca Pendahuluan, karena ini berisi gambaran materi pada modul. Melalui pendahuluan diharapkan anda termotivasi untuk mempelajarinya
  • Membaca Uraian dan Contoh
Lalu anda perlu membaca uraian dan contoh per kegiatan belajar sampai dapat dipahami. Anda juga sebaiknya menggarisbawahi atau membuat catatan kecil tentang materi yang penting. Sebaiknya anda mencatat pula pokok-pokok masalah atau kesulitan yang anda alami pada saat mempelajari modul, baik itu berupa istilah, konsep, formula, gambar atau grafik.Bawalah masalah dan kesulitan anda itu ke dalam kelas guna dapat dibahas bersama tutor dan teman-teman, namun sebelumnya ada baiknya ada mengulang kembali membaca uraian dan contoh tersebut sampai paham.
  • Melakukan Latihan
Setelah membaca uraian dan contoh , anda perlu mengerjakan latihan yang terdapat dalam modul tersebut. Latihan merupakan bagian dari proses belajar yang berupa tugas khusus atau studi kasus. Latihan umumnya berbentuk pertanyaan uraian (essay).
Tujuan pemberian latihan adalah untuk membantu anda dalam memahami materi yang terdapat dalam modul. Oleh karena itu, latihan harus anda kerjakan agar dapat mengukur seberapa jauh tingkat pemahaman anda terhadap materi terserbut.
Bila latihan sudah dikerjakan, bacalah petunjuk jawaban latihan. Petunjuk ini berisi arahan bagi anda dalam menjawab latihan yang diberikan.
  • Memahami Rangkuman
Selanjutnya anda harus membaca rangkuman. Ini merupakan uraian singkat yang memauat materi yang tersaji dalam kegiatan belajar.
Rangkuman akan membantu anda mengingat tentang hal-hal pokok dari materi kegiatan belajar. Oleh karena itu setiap selesai membaca uraian dan contoh, sebaiknya anda membaca kembali rangkumannya agar anda mengetahui inti dari materi yang disampaikan.
  • Mengerjakan Tes Formatif
Berikutnya anda melangkah ke dalam pekerjaan tes formatif. Bentuk soal dari tes ini adalah pilihan berganda (multiple choice).
Tes ini diberikan dengan tujuan guna mengetahui tingkat penguasaan anda terhadap materi yang ada pada setiap kegiatan belajar.
  • Mencocokan Jawan Tes Formatif
Bila tes formatif telah selesai dikerjakan, lakukanlah pencocokan jawaban anda dengan kunci jawabannya. Biasanya kunci ini disertai penjelasan, mengapa jawabannya A, atau B, atau C, atau D.
Kunci jawaban ini diberikan bertujuan agar anda dapat membandingkan hasil tes formatif yang telah anda kerjakan dengan jawaban yang benar. Hal ini berguna bagi anda sebagai titik tolak dalam melanjutkan pemahaman materi kegiatan belajar selanjutnya.
Apabila jawaban anda 80% benar, maka anda dapat melanjutkan dan mempelajari kegiatan belajar selanjutnya. Bila jawaban yang benar kurang dari 80%, maka anda perlu mengulang kembali uraian dan contoh dalam kegiatan belajar sebelumnya. Demikian seterusnya, jadi jangan diloncati sebelum semuanya dipahami dengan baik dan benar.

1 komentar:

Riskah ball import mengatakan...

HARGA PROMO TERMURA TERBESAR SE INDONESIA PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237 website:http://ardhanionlineshop.blogspot.com/ Produk dijamin asli Ready Stock ! Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000.
Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews